Pelihara Hewan, Pelihara Kesehatan Mental

Kita semua tahu bahwa hewan peliharaan sangat luar biasa karena kemampuannya untuk mencintai. Tapi seberapa sering kamu memikirkan selera humor hewan peliharaan kamu? Atau kemampuannya untuk menjadi konyol, penyayang, atau menghibur?

Pelihara Hewan, Pelihara Kesehatan Mental

Kesehatan Mental Dengan Pelihara Hewan

Hewan membawa banyak sekali manfaat bagi sahabat manusianya, meningkatkan setiap aspek kehidupan pemiliknya; dari kesehatan hingga optimisme dan pandangan mereka terhadap masa depan. Terutama di masa seperti ini yang sangat memungkinkan memicu stress dikarenakan ruang gerak kita yang terbatas.

Percaya atau tidak, mereka benar-benar terjadi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita berbagai penyakit memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami depresi jika memelihara hewan peliharaan di rumah, dibandingkan dengan mereka yang menderita penyakit serupa dan tidak memelihara hewan peliharaan. Dan mereka yang memilikinya di rumah, pasti akan setuju bahwa mereka membantu kita meningkatkan mood dan temperamen kita.

Penelitian mendukung hal ini, tinggal dengan hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan kecemasan – dan juga meningkatkan kekebalan. Kadar serotonin dan dopamin (neurotransmiter yang membuat kamu merasa sangat baik) meningkat saat kamu bermain dengan anjing atau kucing atau bahkan burung beo peliharaanmu.

Dan beberapa penelitian menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan yang mengalami serangan jantung dapat bertahan lebih lama daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Tidak peduli jenis hewan peliharaan yang kamu bawa pulang selama itu memang adalah jenis hewan untuk di rumah maka membutuhkan semua perhatianmu. Bertanggung jawab atas makhluk hidup lain dapat membantu mu menjadi lebih bertanggung jawab di sisa hidup kamu juga.

Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak yang sedang mempelajari nilai rutinitas dan kebiasaan baik. Namun, orang dewasa juga bisa mendapatkan keuntungan dari tanggung jawab yang konsisten. Mengurus hewan pada dasarnya seperti mengurus manusia, maka dari itu diperlukan kesiapan yang matang.

Pelihara Hewan, Pelihara Kesehatan Mental

Loading...

Artikel Terkait

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan