Mudahnya Langkah Pendaftaran Kuliah Via Online

Era serba canggih seperti saat ini membuat Kita bisa mendaftar kuliah secara online dari rumah saja. Ditambah lagi masa pandemi covid 19 seperti saat ini membuat berbagai universitas membuka sistem pendaftaran online untuk calon mahasiswa baru. Termasuk diantaranya adalah pendaftaran Universitas Tarumanagara. Kamu bisa langsung mengunjungi website resmi mereka untuk mendapatkan info terbaru terkait pendaftaran mahasiswa baru di universitas tersebut.

Mendaftar Kuliah Via Online

Persiapan Untuk Mendaftar Kuliah Via Online

Meski tak diragukan lagi banyak calon mahasiswa yang pastinya sudah paham dengan alur pendaftaran universitas secara online, namun menurut Kami sangat penting adanya ulasan singkat tentang hal tersebut agar lebih paham. Tujuannya tentu saja agar supaya Kamu bisa melakukan pendaftaran universitas meski dilakukan secara online.

1. Pastikan memiliki kuota internet atau koneksi WiFi yang memadai

Karena pendaftaran akan dilakukan secara online maka hal pertama yang harus ada adalah koneksi internet yang memadai. Pastikan kuota internet mencukupi atau jika memungkinkan gunakan akses WiFi agar supaya pada saat pendaftaran bisa dilakukan dengan baik dan benar.

2. Siapkan berkas pendaftaran yang sudah di scan terlebih dahulu

Pendaftaran online memang akan dilakukan dengan cara mengirimkan data Kamu melalui layanan internet. Kamu bisa melakukannya dari rumah saja atau dari warnet terdekat dari rumah Kamu. Agar supaya lebih siap, pastikan dokumen berkas pendaftaran sudah terlebih dahulu Kamu scan sehingga nanti tinggal menguploadnya saja.

3. Cari tahu terlebih dahulu tentang alur pendaftaran secara online

Ada banyak sekali universitas yang membuka pendaftaran kuliah 2020 secara online. Namun tentunya masing-masing memiliki alur dan prosedur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi universitas. Untuk itu sangat penting untuk mempelajari alur pendaftaran online terlebih dahulu agar prosedurnya bisa dilalui dengan cepat dan mudah.

Langkah Melakukan Pendaftaran Secara Online Mudah Dan Cepat

Setelah Kamu melakukan berbagai persiapan untuk melakukan pendaftaran secara online, kini Kamu tinggal melakukan beberapa langkah untuk daftar universitas secara online. Jika ingin yang praktis gunakan saja layanan aplikasi goKampus untuk memudahkan pendaftaran yang Kamu lakukan. Atau

Kamu juga bisa berkunjung langsung ke website resmi milik universitas pilihan Kamu. Pilih waktu terbaik seperti misalnya di pagi hari atau malam hari saat pengguna internet tak begitu banyak jumlahnya. Usahakan untuk tidak mendaftar di waktu jam sibuk karena akan membuat kamu terhambat untuk upload formulir setelah Kamu selesai mengisinya nanti.

Gunakan laptop atau komputer PC untuk melakukan pendaftaran online. Mengapa? Karena dengan menggunakan laptop atau komputer PC ketimbang menggunakan smartphone akan membuat proses pengisian formulir bisa dilakukan dengan baik dan lebih teliti. Begitu juga pada saat upload berkas persyaratan yang diperlukan. Siapkan berkas asli di samping komputer atau laptop untuk membantu Kamu saat mengisi formulir pendaftaran online dengan benar.

Kunjungi website resmi universitas pilihan kamu, kemudian isi formulir pendaftaran dengan teliti. Setelah itu Kamu akan diminta untuk membayar sejumlah biaya pada bank yang telah bekerja sama dengan pihak universitas. Setelah bukti pembayaran ada, Kamu harus kembali login untuk meng-upload berkas pendaftaran yang diperlukan. Upload berkas pendaftaran selengkap mungkin dan kirimkan ke website universitas yang Kamu tuju.

Bagaimana Cara Mengetahui Pendaftaran Diterima Atau Tidak?

Jika Kamu memutuskan untuk melakukan pendaftaran universitas secara online maka akan ada pemberitahuan lebih lanjut dari universitas tersebut. Bahkan jika Kamu menggunakan aplikasi maka pengumuman akan diberitahukan dalam waktu hitungan jam.

Kamu akan mendapatkan nomor pendaftaran yang kemudian akan diarahkan untuk melakukan tes masuk universitas yang juga dilakukan secara online. Demikian alur pendaftaran Universitas Tarumanagara yang dilakukan secara online.

 

Mendaftar Kuliah Via Online

Loading...

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan