Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Nasi putih

Tentu Anda sudah akrab dengan yang namanya nasi putih. Makanan pokok utama di tanah air ini memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Rasanya selalu ada yang aneh jika dalam sehari saja tidak mengkonsumsi nasi putih. Oleh karena itu, banyak celetukan di tengah masyarakat yang mengatakan belum makan nasi putih berarti belum makan. Mungkin karena sudah menjadi kebutuhan utama pangan setiap orang sehingga nasi putih memang selalu ada di tiap-tiap rumah warga.

nasi putih

Namun, dibalik manfaat dan kepopulerannya di tengah masyarakat, makanan pokok ini juga perlu diwaspadai. Lalu, apa saja manfaat dan bahaya dari mengkonsumsi nasi putih ini? Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini.

Kandungan Gizi Pada Nasi Putih

Kandungan nasi putih sendiri terdiri atas banyak nutrisi seperti mineral, vitamin hingga karbohidrat dan juga protein. Dalam satu porsi nasi putih saja atau sekitar 186 gram nasi putih, terdapat beberapa kandungan nutrisi berupa kalori sebesar 242 g, lemak 0,4 g, sodium 0 mg, karbohidrat 53, 4 g, serat 0,6 g, gula 0 g, serta kandungan protein sebanyak 4,4 g.

Tak hanya itu, nasi putih juga mengandung vitamin yang baik untuk tubuh terutama kandungan vitamin B kompleksnya yang terdiri atas tiamin, niacin, serta ribotflavin. Karena memiliki kandungan zat besi, mangan serta magnesium, nasi putih juga bisa menjadi sumber mineral untuk tubuh.

Manfaat Nasi Putih Pada Tubuh

Pada dasarnya, kandungan kalori yang tinggi serta karbohidrat yang banyak pada nasi putih memang bisa menimbulkan beberapa penyakit. Kemudian, serat yang terdapat di dalamnya juga sangat sedikit jika dibandingkan nasi merah ataupun nasi coklat.  Namun, hal tersebut bukan berarti nasi putih tak memiliki kelebihan atau manfaat sama sekali. Adapun manfaat nasi putih untuk tubuh antara lain:

1. Baik untuk pengidap penyakit celiac

Nasi putih termasuk jenis makanan yang tidak mengandung gluten. Sehingga nasi putih sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita penyakit celiac yang menghindari kandungan gluten pada makanan. Kemudian, manfaat lain dari nasi putih ini juga bisa dijadikan berbagai jenis makanan olahan seperti tepung, bihun, mie, dan juga minuman. Karena bisa diolah ke dalam berbagai jenis makanan dan minuman para penderita penyakit ini tidak akan merasa bosan dan kesulitan untuk mengkonsumsi beras atau nasi saja.

2. Sebagai sumber energi yang baik pada tubuh

Karena mengandung karbohidrat maka nasi putih menjadi salah satu sumber utama energy paling efektif untuk tubuh. Para atlet yang membutuhkan banyak energy untuk bertanding sangat direkomendasikan mengkonsumsi nasi putih dibandingkan jenis nasi yang lainnya.

3. Menjaga kesehatan tulang, saraf dan juga otot

Adanya kandungan magnesium pada nasi putih juga menjadi mineral yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kemudian, magnesium juga sangat berperan untuk menjaga kesehatan saraf dan otot di dalam tubuh

4. Baik untuk kesehatan usus

Di dalam nasi putih juga terdapat kandungan serat khusus yang bisa diubah menjadi asam lemak. Kandungan asam lemak inilah yang berperan dalam menjaga kesehatan usus serta mengurangi terjadinya kanker kolorektal.

Bahaya Mengkonsumsi Nasi Putih

Dibalik manfaat yang terkandung di dalamnya, nasi putih juga memiliki resiko atau bahaya yang perlu diwaspadai. Lalu, apa saja alasan mengapa nasi putih perlu dihindari?

1. Memiliki Kandungan Kalori yang Tinggi

Kandungan kalori yang cukup tinggi pada nasi putih dianggap berbahaya bagi kesehatan. Semakin banyak Anda mengkonsumsi nasi putih maka semakin besar pula resiko untuk mendapatkan bobot badan berlebih. Oleh sebab itu, mengkonsumsi nasi putih harus dengan cara yang seimbang dan benar untuk mencegah terjadinya obesitas.

2. Memiliki indeks glikemik yang tinggi

Karena memiliki indeks glikemik yang tinggi maka nasi putih sangat dihindari oleh para penderita diabetes. Indeks glikemik yang tinggi bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah pada tubuh Anda. Adapun rata-rata nilai glikemik pada nasi putih ialah sekitar 64. Meskipun masuk pada kategori sedang, tapi bisa sangat berbahaya bagi para penderita diabetes. Oleh sebab itu, pasien diabetes ada baiknya menghindari mengkonsumsi nasi putih.

Itulah beberapa manfaat nasi putih, termasuk juga bahayanya untuk kesehatan. Untuk info lain tentang kesehatan dapat membuka situs https://www.halodoc.com atau bisa juga mendownload dan menginstal aplikasi Halodoc di smartphone, karena terdapat artikel lengkap dan terpercaya seputar kesehatan dan gaya hidup sehat secara online. Ada banyak kategori kesehatan untuk berita terkini, tips dan rekomendasi, hingga pengetahuan umum.

 

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Nasi putih

Loading...

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan