Tak Perlu Takut Kehabisan Desinfektan di Toko, 4 Bahan di Rumah Anda ini Bisa jadi Solusi

Pada pandemi yang terjadi sejak satu tahun ke belakang ini membuat masyarakat berkenalan dengan disinfektan. Masyarakat kemudian berbondong-bondong membeli disinfektan ke beberapa tempat. Padahal, sebenarnya di rumah sering kali sudah tersedia disinfektan namun Anda tidak menyadarinya.

membuat disinfektan

Anda Bisa Menggunakan Alkohol 70% yang Tersedia di Rumah

Pertama, jika Anda sudah memiliki peralatan P3K pastinya sudah tidak asing lagi dengan alkohol. Ya, cairan yang satu ini biasanya digunakan untuk membersihkan luka atau untuk membantu penekanan daerah luka. Cairan yang satu ini bisa Anda manfaatkan sebagai disinfektan dengan menyemprotkannya ke berbagai barang di rumah.

Gunakan Pemutih Baju yang Dilarutkan untuk Penyemprotan

Sebagai seorang ibu rumah tangga, pastinya Anda juga tak asing lagi dengan cairan pemutih bukan? Cairan ini menggunakan zat klorin sebagai kandungannya. Klorin sangat efektif digunakan untuk membasmi berbagai jenis mikroba.

Untuk membuat disinfektan dari pemutih pakaian, Anda dapat melarutkannya hingga berkadar 0,05%. Artinya Anda bisa menambahkan 1 bagian pemutih untuk 99 bagian air. Jika Anda melarutkan 10ml cairan pemutih maka tambahkan 99ml air biasa.

Cairan Pembersih Lantai Bisa Jadi Solusi yang Tepat

Selain menggunakan cairan pemutih baju, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih lantai karbol. Pembersih lantai tersebut memiliki kandungan benzalkonium klorida. Anda dapat menggunakannya dengan memasukkan sekitar 2 sendok makan cairan karbol ada 1 liter air.

Punya Produk Cairan Antiseptik? Gunakan Saja

Lalu, apakah Anda juga menyediakan cairan antiseptik untuk air di rumah? Jika iya antiseptik tersebut dapat Anda gunakan sebagai disinfektan. Cairan yang satu ini umumnya mengandung kloroxilenol yang baik digunakan sebagai disinfektan.

Caranya, tinggal larutkan saja cairan antiseptik tersebut sebanyak 21ml dengan 420ml air. Kemudian Anda bisa menggunakannya dengan penyemprotan.

Nah, itulah beberapa produk yang sering ada di rumah dan bisa Anda gunakan sebagai cairan disinfektan. Namun jika ingin kualitas disinfektan yang baik serta tidak mau repot membuatnya, sebaiknya menggunakan jasa penyemprotan disinfektan yang profesional saja.

Ya, pandemi kali ini memang membuat siapa saja menjadi lebih aware dengan masalah kebersihan. Semoga informasi disinfektan di atas bermanfaat untuk Anda semua.

 

Bahan di Rumah Bisa jadi Solusi Membuat Disinfektan

Loading...

Artikel Terkait

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan