Sekilas Perkembangan PT. Mayora Indah Tbk

Perkembangan PT. Mayora Indah Tbk

PT. MAYORA INDAH berawal dari sebuah home industri makanan ringan yang didirikan pada tahun 1967 di Tanah Abang, tepatnya di Kampung Bali, Jakarta. Awalnya Mayora khusus membuat biskuit marie yang diberi label “Roma” yang merupakan singkatan dari roti marie.

Sekilas PT. Mayora Indah Tbk

Pada tahun 1977, PT. MAYORA membangun pabrik makanan ringan pertamanya yang terletak di Tangerang, tepatnya di Jatake. Selain biskuit, Mayora mulai memproduksi dan mengembangkan kembang gula (permen) pada tahun 1980. Kemudian melakukan pelebaran distribusi produk-produk Mayora hingga ke seluruh Pulau Jawa dan Sumatera.

PT. MAYORA mulai memproduksi kopi pada tahun 1989, kemudian pada tahun 1991, PT. Torabika Eka Semesta didirikan di Cikupa, Tangerang dan mulai memproduksi kopi instan dan sereal.

Lentera Bijak lainnya:   Kebijakan Dan Disclaimer Veronika Telkomsel

Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia dan berencana membidik target konsumen Asean, maka pada tahun 1990 PT Mayora Indah melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik. Penawaran ini mendapatkan sambutan publik karena memiliki laporan keuangan Mayora yang sehat serta produk Mayora diterima masyarakat dengan baik.

Pada tahun 1994, Kantor Pusat MAYORA dibangun di Jakarta Barat, tepatnya di Tomang kemudian 1 tahun berikutnya mulai memproduksi mie instan dilanjutkan pembangunan pabrik di Area Industri M2000, Cibitung.

Memasuki tahun 2000, PT. MAYORA Tbk. sudah memenuhi beberapa standarisasi seperti ISO (International Organization of Standarization), GMP (Good Manufacturing Practices), Halal, dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). PT. Mayora Tbk. mulai memproduksi produk beverage di Pekayon kemudian pindah di Ciawi.

Lentera Bijak lainnya:   Review Desain Interior dan Eksterior Suzuki XL7

MDC (Mayora Distribution Center) dibangun pada tahun 2012 di India dan Balaraja kemudian pada tahun berikutnya pabrik biskuit dibangun di Balaraja berdekatan dengan MDC. Pada tahun 2014 pembangunan pabrik untuk divisi beverage di Thailand.

Kinerja Perusahaan

PT MAYORA INDAH Tbk. yang berawal dari home industry dan hanya memproduksi biskuit roti marie saat ini mengembangkan usahanya ke berbagai jenis produk seperti wafer, permen, coklat, kopi, dan nutritional food.

Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, PT. MAYORA INDAH Tbk. memperluas pasarnya ke sebagian besar negara di Asia dan terdaftar sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods.

Beberapa penghargaan pun telah diterima PT. MAYORA INDAH Tbk, seperti: Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Asia Money, “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia, dan “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari majalah Swa.

Lentera Bijak lainnya:   Harga Innova 2019 Yang Menawan dan Mempesona

Terbaru, Mayora menerima beberapa penghargaan sebagai cerminan Kinerja Perusahaan, antara lain memenangkan ASEAN Business Awards 2020 Kategori : Priority Integration Sector (Agri Based Products) pada November 2020, Indonesia Very good acclaimed Company 2021, Kategori : Fast Moving Consumer Goods.

 

Sekilas Perkembangan PT. Mayora Indah Tbk

Loading...

Artikel Terkait

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan