Apa Itu Islam? Mengenal Islam Lebih Dalam

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum begitu paham dengan Islam, masih banyak yang bertanya apa itu islam walaupun sebenarnya mereka sudah menganut agama tersebut bertahun-tahun lamanya. Tentu saja hal seperti ini berbahaya karena orang-orang seperti itu akan mudah terombang-ambing oleh lingkungannya.

Apa Itu Islam? Mengenal Islam Lebih Dalam

Ada beberapa pengertian yang salah tentang Islam, misalnya saja ada yang mengatakan bila Islam artinya adalah pasrah sehingga setiap orang yang berserah diri kepada Tuhannya adalah orang Islam atau muslim. Semua Manusia Sama di Mata Tuhan

Ada juga yang mengatakan bahwa islam merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, walaupun memang Islam disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW, akan tetapi pengertian yang seperti itu kurang komprehensif karena bagaimana dengan islam yang dibawa oleh nabi-nabi lainnya?

Apakah itu agama islam yang berbeda?

Untuk meluruskan berbagai jawaban dari pertanyaan apa itu islam, ada dua hal yang harus anda pahami yaitu pengertian islam itu sendiri dan juga rasul-rasul yang diutus untuk membawa dan menyebarkan agama islam. Kedua hal ini bisa diketahui dengan membaca Al-Qur’an dan juga hadist.

Pengertian yang lebih mudah terkait Islam adalah Islam memiliki maksud mengikuti rasul. Seperti yang dikatakan oleh Ibn Katsir bahwa islam mengikuti rasul dalam segala hal dan Allah SWT mengutus setiap rasuk pada masanya hingga akhirnya Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para rasul.

Karena pengertian yang salah tentang islam, banyak pemahaman yang melenceng dari seharusnya. Pengertian yang berbahaya hanya akan menimbulkan kebohongan.

Para rasul pun sebenarnya hanya membawa satu agama saja untuk disebarkan di dunia, yaitu islam. Karena ada beberapa orang yang mengatakan bahwa Nabi Isa membawa agama Kristen dan Nabi Musa membawa agama Yahudi.

Padahal Allah sudah pernah berfirman bila agama yang diridhai oleh Allah hanyalah Islam, sehingga tidak mungkin bila rasul Allah menyebarkan agama selain islam. Dari rasul pertama hingga rasul terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW, agama yang dibawa hanyalah agama Islam.

Sudahkah anda memahami apa itu islam dengan penjelasan di atas?

Sumber: IslamExplored.org

 

Apa Itu Islam? Mengenal Islam Lebih Dalam

Loading...

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan