Tips Memilih Asuransi Kendaraan ala MSIG Insurance

Melindungi kendaraan baik itu mobil maupun motor dari berbagai risiko dengan ikut asuransi seharusnya sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Khususnya kendaraan bermotor roda dua yang telah menjadi sarana transportasi utama bagi warga.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan ala MSIG Insurance

Umumnya jika membeli kendaraan bermotor melalui finance, ikut asuransi diwajibkan. Namun asuransi kendaraan sejatinya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Anda perlu memilih dengan tepat layanan asuransi agar dapat mengoptimalkan manfaat yang diterima bagi perlindungan kendaraan tersebut. Untuk itu, Bernard P Wanandi, Vice President PT Asuransi MSIG Indonesia, memberi beberapa kiat yang harus diperhatikan agar tidak keliru memilih perusahaan asuransi yang tidak kredibel.

Setidaknya ada lima hal yang perlu dilakukan calon tertanggung atau nasabah asuransi demi mengoptimalkan perlindungan pada kendaraan bermotor mereka.

Pertama, pastikan perusahaan asuransi yang akan Anda pilih tersebut terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK dibentuk antara lain untuk mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia termasuk produk asuransi kendaraan MSIG, berkendara tanpa cemas, demi melindungi nasabah tertanggung.

Kedua, pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki reputasi yang baik. Pahami apa saja yang menjadi jaminan dari polis yang dibeli dan apa saja yang dikecualikan dalam polis. Tertanggung, perlu menanyakan secara rinci kepada perusahaan asuransi atau perantaranya ketika akan membeli produk. Jangan sampai tertanggung mengetahuinya ketika sudah terjadi musibah.

Ketiga, pastikan perusahaan asuransi tersebut dikenal luas dan berpengalaman secara internasional. Calon tertanggung harus mencari informasi mengenai reputasi dan pelayanan dari perusahaan asuransi. Selain itu, calon nasabah perlu memeriksa jaringan cabang dan bengkel dari perusahaan asuransi tersebut, terutama metode penanganan klaimnya. Memperhatikan reputasi sebuah perusahaan asuransi amatlah penting.

Keempat, pilih perusahaan asuransi yang menawarkan cara pembelian polis yang mudah dan metode pembayaran yang aman. Hal itu antara lain akan dibuktikan saat proses klaim. Saat mengajukan klaim harus dicermati prosedurnya. Di asuransi kendaraan MSIG, berkendara tanpa cemas, posisi RBC (risk based capital) 300 persen lebih. Jika terjadi klaim berjumlah besar, kami bisa langsung bayar.

Terakhir, pastikan perusahaan asuransi tersebut memberikan e-policy kepada Anda sebagai nasabah. Calon tertanggung juga perlu melihat nilai lebih yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Pahami persis jaminan yang dibutuhkan. Jangan sampai membeli jaminan yang justru tidak diperlukan. Selain itu lihat akses dan kemudahan yang diberikan untuk menghubungkan perusahaan asuransi terkait ketika akan mengajukan klaim.

Tips tambahan, pemilik kendaraan yang sudah memiliki polis asuransi dan suatu ketika mengalami musibah seperti kecelakaan atau hilang, segeralah menyampaikan laporan klaim ke perusahaan asuransi di mana polis tersebut dibeli. Perusahaan asuransi yang baik, ketika mendapat report klaim cepat dia akan langsung input laporan klaim tersebut ke dalam sistemnya.

Selain itu disarankan agar nasabah menyimpan semua dokumen transaksi terkait dengan kendaraan dan perusahaan asuransi tersebut, termasuk aneka invoice dan lain lain. Karena (dokumen) itu akan dicek dan diminta. Prosedur klaim setiap produk asuransi bisa berbeda beda. Jika sudah di-submit semuanya persyaratannya, tidak ada alasan bagi perusahaan asuransi untuk tidak membayar.

 

Tips Memilih Asuransi Kendaraan ala MSIG Insurance

Loading...

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan