Apa Saja Tantangan Dalam Menjalankan Ghost Kitchen?

bisnis Ghost Kitchen

Menjalankan bisnis kuliner bukanlah hal mudah, terlebih di era modern dengan persaingan ketat seperti sekarang. Membangun restoran sendiri juga memerlukan biaya besar. Namun, terdapat solusi cerdas supaya usaha tetap berjalan lancar. Gunakan metode bernama Ghost Kitchen yang memudahkan dalam pengelolaan bisnis dengan cara menyewa dapur.

Tantangan Dalam Menjalankan Ghost Kitchen

Dapur Virtual, Dapur Bersama, Dapur Hantu, dan lainnya merupakan sebutan lain dari Ghost Kitchen. Dalam menerapkan metode bisnis ini, Anda tidak perlu mempunyai restoran sendiri secara fisik. Proses kerjanya dengan sewa dapur dan menawarkan produk jualan secara online. Tetapi, terdapat tantangan yang harus Anda hadapi ketika memakai konsep ini seperti berikut.

1. Butuh Branding Bagus Supaya ‘Terlihat’

Konsep dapur bersama yang diusung baru-baru ini langsung mendapatkan sambutan bagus para pebisnis kuliner. Dengan menyewa dapur, Anda bisa menyiapkan pesanan dan langsung mengirimkannya via aplikasi. Namun, dengan adanya restoran lain dalam satu ruangan memasak, terkadang membuat persaingan semakin terasa.

Lentera Bijak lainnya:   Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Nasi putih

Branding yang bagus sangat diperlukan supaya usaha Anda dapat dilihat oleh masyarakat. Hal ini, akan cukup sulit bagi pengusaha pemula dibandingkan brand restoran terkenal yang sudah mempunyai banyak pelanggan. Oleh sebab itu, pastikan memberikan yang terbaik dari produk dan pelayanan supaya meninggalkan kesan baik di mata pelanggan sehingga semakin terlihat.

2. Menentukan Aplikasi Pesan Antar Tidak Mudah

Mitra untuk dijadikan partner dalam melakukan pengiriman pesanan kepada pelanggan sangat banyak sekali pilihannya. Anda pasti sudah mengenal dua aplikasi ojek online di Indonesia. Bisnis Anda sangat tergantung pada aplikasi ini. Hal tersebut karena mereka melakukan proses antar pesanan hingga sampai ke tangan konsumen.

Pihak ketiga yang memegang peranan besar ini harus dipilih dengan banyak pertimbangan penting. Pastikan untuk melakukan riset atau pertimbangan matang terlebih dahulu sebelum memilih. Pelajari bagaimana platform tersebut dapat membantu untuk membuat brand Anda semakin dikenal masyarakat dengan jangkauan luas.

Lentera Bijak lainnya:   GoPlay Adakan Audisi Virtual Girlband Berskala Besar di Indonesia

3. Tidak Membutuhkan Reputasi Seperti Restoran Tradisional

Jika Anda pergi ke restoran tradisional untuk makan di tempat, tentu ada banyak hal yang menentukan kenyamanan dan kepuasan selain makanan itu sendiri. Sebagai contoh, lokasi, tempat duduk, meja, kebersihan, toilet, dan sarana pendukung lainnya. Reputasi tersebut tidak dibutuhkan jika menggunakan konsep Ghost Kitchen.

Ide Dapur Bersama lebih mementingkan kepada kualitas makanan sesuai pesanan di aplikasi, kecepatan pengiriman, dan responsif. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengutamakan hal tersebut karena sangat berbeda dari mengelola restoran tradisional. Membuat satu kesalahan bisa mendatangkan review jelek dari pelanggan sehingga reputasi brand bisa buruk.

4. Sulit Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Berbeda dari makan langsung atau pesan di restoran, melalui Dapur Virtual, Anda tidak akan merasakan pengalaman tersebut. Sebagai pemilik bisnis, komunikasi atau hubungan dengan para pelanggan tidak dapat dilakukan secara langsung. Interaksi dilakukan menggunakan media, berupa aplikasi.

Lentera Bijak lainnya:   Cara Mudah Cari SPBU Pertamina Terdekat

Kemampuan mengelola komunikasi baik dengan pelanggan melalui aplikasi harus baik. Bangun loyalitas sehingga para konsumen akan merasa dihargai, nyaman, dan puas. Berikan jawaban-jawaban atas pertanyaan secara sopan, bahasa yang tepat, serta responsif. Selain itu, aktif di media sosial lainnya juga membantu membangun reputasi brand.

Pilih Everplate Sebagai Partner Terbaik Mengembangkan Bisnis Anda

Sebagai pebisnis kuliner yang ingin mengembangkan usahanya menjadi semakin maju, maka gunakan teknik Ghost Kitchen ini. Pilih jasa layanan penyewaan dapur dari Everplate. Dapatkan berbagai fasilitas pendukung dengan lokasi strategis. Kunjungi situs everplate.co.id untuk membaca informasi lengkap serta testimoninya.

Itulah ulasan mengenai tantangan dalam menerapkan ide bisnis Ghost Kitchen. Konsep modern ini membuat pebisnis dapat meraih pelanggan lebih besar. Tunggu apa lagi, segera lihat sekarang juga di everplate.co.id.

 

Tantangan Dalam Menjalankan Ghost Kitchen

Loading...

Artikel Terkait

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan