Manfaat Asuransi Pendidikan untuk Anak

Setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak agar si anak dapat berkembang dan berinovasi untuk masa depannya. Namun, biaya pendidikan yang terus meningkat membuat masyarakat mencari alternatif pembiayaan bagi pendidikan anak-anaknya pada masa mendatang. Salah satunya adalah asuransi pendidikan.

Asuransi Pendidikan untuk Anak

Disisi lain, apa jadinya bila keuangan menghalangi anak untuk mendapatkan pendidikan yang seharusnya didapat? Oleh karena itu, dengan adanya alternatif asuransi pendidikan, tidak menutupi semua kebutuhan biaya pendidikan masyarakat akan terbantu. Sebagian masyarakat yang sadar akan pendidikan memilih untuk mengatur anggaran pendidikan buah hati melalui produk Asuransi Pendidikan.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan salah satu jenis asuransi jiwa yang mengandung unsur investasi, yakni pada tahapan-tahapan pendidikan anak, maka ada sejumlah nilai tunai yang bisa diambil untuk membayar biaya pendidikan anak. Karena itu, biasanya nilai tunai pada asuransi pendidikan hanya bisa diambil pada saat tahapan pendidikan anak jatuh tempo. Misalnya saat akan membayar uang pangkal masuk sekolah SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi.

Ada beberapa manfaat jika ikut asuransi pendidikan untuk anak, antara lain:

1. Kepastian

Asuransi pendidikan anak dirancang untuk melindungi keceriaan putra-putri kita hari ini dan kepastian pendidikannya di hari nanti. Asuransi pendidikan memberikan kepastian bahwa impian kita untuk menyediakan pendidikan terbaik bagi putra-putri kita dapat tetap tercapai meskipun kita harus tutup usia sebelum waktu pedidikannya tiba.

Yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa kita memiliki perlindungan asuransi yang mempunyai nilai santunan yang sama atau lebih besar dari total biaya dan kebutuhan kuliah kelak. Untuk mengetahui cara menentukan nilai santunan minimal yang kita harus persiapkan, kita dapat menggunakan Kalkulator Asuransi Prudential untuk Pendidikan.

2. Investasi

Kenaikan biaya pendidikan yang tinggi hanya dapat diimbangi dengan investasi. Data dari Divisi Riset BEI menunjukkan 11 bahwa hanya kenaikan dari hasil investasi saham (13,13%) yang mampu mengimbangi kenaikan biaya pendidikan tinggi.

Produk asuransi pendidikan modern memiliki manfaat investasi di dalamnya. Jadi, saat tiba waktunya untuk mencairkan dana kuliah yang direncanakan, nilai tunai dari asuransi pendidikan kita dapat memenuhi kebutuhan biaya pendidikan yang direncanakan.

3. Santunan (Uang Sekolah) Bulanan

Ini adalah inovasi produk asuransi pendidikan terkini yang sangat bagus. Perusahaan asuransi akan memberikan santunan berupa uang bulanan bagi putra-putri kita saat kita sebagai orang tua tutup usia lebih cepat. Sehingga sebagai pencari nafkah kita semakin tenang dan yakin bahwa impian pendidikan terbaik bagi putra-putri kita akan terwujud.

4. Membantu Mengelola Anggaran Pendidikan

Dengan kondisi perekonomian yang kadang tak bisa diprediksikan, tentunya Anda harus benar-benar pintar dalam mengelola dana pendidikan untuk sang buah hati tercinta. Untuk mempermudah biaya pendidikan sang buah hati, Anda pun bisa memilih Asuransi Pendidikan. Perlu diketahui, dengan membeli Asuransi Pendidikan nantinya Anda akan dibantu oleh pihak asuransi dalam mengelola anggaran dan biaya pendidikan di masa mendatang.

Demikian informasi tentang manfaat Asuransi Pendidikan. Beberapa contoh asuransi pendidikan yakni PRULink Edu Protection dan PRULink Edu Protection Syariah, Asuransi Pendidikan dari Prudential Indonesia yang dirancang guna mendampingi anak mengembangkan potensi dan meraih mimpinya.

 

Asuransi Pendidikan untuk Anak

Loading...

Artikel Terkait

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan