Kutipan Mahatma Gandhi Tentang Kehidupan

Pada tahu 1914 sekembalinya dari Afrika Selatan ke India, Gandhi mengawali perjuangan melawan penindasan dan diskriminasi terhadap warga India dan apartheid terhadap warga kulit hitam. Tahun 1906, bersama rakyat India di Afrika selatan, ia memulai gerakan satyagraha (perlawanan tanpa kekerasan).

Tetapi Gandhi mempunyai intrepretasi tersendiri dalam membaca teks agama. Kata Gandhi” saya tidak perlu pindah ajaran, biarkan saya mencari kebenaran pada agamaku sendiri seperti anda mendapatkan kebenaran dalam ajaran anda sendiri.

Kutipan Mahatma Gandhi Tentang Kehidupan

Kutipan Mahatma Gandhi Tentang Kehidupan

Peraih penghargaan nobel perdamaian di tahun 1989 ini begitu banyak mengajarkan kita arti kehidupan dan seisinya lewat kutipan yang ada.

Aku memiliki kepercayaan bahwa aku bisa melakukan, aku akan mencapai kemampuan untuk melakukannya, meskipun pada awalnya aku tidak memiliki kapasitas tersebut.

Cara terbaik untuk menemukan dirimu adalah dengan kehilangan dirimu dalam pelayanan bagi orang lain.

Doa adalah kunci dari pagi hari, ledakan dari sore hari.

Hiduplah seakan bahwa kamu akan meninggal esok hari. Belajarlah selayaknya kamu akan hidup selamanya.

Hukum dari kasih bisa dipahami dan dipelajari dengan baik dari anak kecil.

Ingatlah wajah-wajah orang yang mengalami kemiskinan dan orang-orang yang tak berdaya yang telah kamu lihat, dan tanya pada dirimu sendiri langkah apa yang akan kamu ambil untuk mereka.

Jadilah perubahan yang kamu ingin lihat di dunia.

Kebahagiaan adalah segala ketika apa yang kamu pikirkan, apa yang kamu katakan, dan apa yang kamu lakukan berjalan dalam harmoni.

Kamu tidak seharusnya kehilangan kepercayaan pada kemanusiaan. Kemanusiaan itu seperti lautan, jika beberapa tetes dari air laut itu kotor, lautan sendiri itu tidak akan menjadi kotor.

Kamu mungkin tidak akan pernah tahu apa hasil dari tindakanmu, namun ketika kamu tidak bertindak apapun, maka tidak akan ada hasil yang terjadi.

Kemarahan adalah musuh dari kedamaian dan kebanggaan adalah monster yang akan menelannya.

Kekuatan tidak berasal dari kemampuan fisik, melainkan berasal dari tekad yang gigih.

Kamu dapat mengekangku, kamu dapat menyiksaku, kamu bahkan bisa menghancurkan tubuhku, namun kamu tidak akan pernah memenjarakan pikiranku.

Ketika ada cinta, di situlah ada kehidupan.

Kekuatan tidak berasal dari kemenanganmu, perjuanganmu lah yang mengembangkan kekuatanmu. Ketika kamu melewati waktu-waktu sulit dan memilih untuk tidak menyerah, itulah arti dari kekuatan.

Kamu tidak dapat bersalaman dengan tangan yang mengepal.

Pada suatu saat, kepemimpinan berarti otot, namun pada hari ini, makna kepemimpinan adalah berbaur dengan semua orang.”

Satu ons dari latihan jauh lebih berharga daripada satu ton dari berbicara panjang lebar.

Satu mata untuk satu mata hanya akan berakhir membuat seluruh dunia buta.

Tidak ada yang lebih menghabiskan waktu daripada kekhawatiran, dan orang-orang yang mengaku percaya pada Tuhan patut malu apabila mereka khawatir mengenai sesuatu hal.

Untuk percaya pada sesuatu hal, namun tidak menghidupi hal tersebut, adalah suatu ketidakjujuran.

Mahatma Gandhi, sosok pejuang kemerdekaan India, ia manusia pengibar bendera anti kekerasan dan dalam mencapai kemerdekaan negerinya. Rakyat India berbangga memiliki tokoh sederhana seperti Gandhi. Lewatnya India terbebas dari penjajah Inggris dan rakyat India mengerti arti berkorban membela tanah air dari sosok sederhana Mahatma Gandhi.

Mahatma Gandhi lahir di Negara bagian Gujarat di India pada 2 Oktober 1869. Gandhi hidup dalam keluarga dengan tradisi Hindu yang kuat. Ibunya, Putlibai, banyak menularkan ajaran-ajaran Hindu pada Gandhi yang kelak akan berpengaruh besar terhadap kepribadian Gandhi ketika dewasa. Dari ibunya, Gandhi banyak belajar tentang mengasihi dan toleransi terhadap sesama manusia. Juga belajar tentang sikap saling menghargai antar pemeluk agama.

 

Kutipan Mahatma Gandhi Tentang Kehidupan

Loading...

About the Author: Lentera Bijak

Seperti Lentera meski sinarnya redup namun bisa memberi secercah cahaya di kegelapan